Rabu, 02 Januari 2013

Kondisi Geografis Kansas

Kansas berbatasan dengan Nebraska di utara, Missouri di sebelah timur, Oklahoma di selatan, dan Colorado di sebelah barat. Negara ini dibagi menjadi 105 kabupaten dengan 628 kota, dan terletak repetitively dari lautan Pasifik dan Atlantik. Pusat geografis dari 48 negara bagian yang bersebelahan terletak di Smith County dekat Lebanon. Pusat geodetik Amerika Utara terletak di Meades Ranch, Kansas, Osborne di County sampai tahun 1983. Tempat ini digunakan sampai tanggal tersebut sebagai titik acuan sentral untuk semua peta Amerika Utara diproduksi oleh pemerintah AS. Pusat geografis Kansas terletak di Barton County.

Kansas ini didasari oleh urutan horisontal dengan lembut ke arah barat mencelupkan batuan sedimen. Sebuah urutan Mississippian, Pennsylvania dan Permian batu mendasari bagian timur dan selatan negara. Setengah bagian barat dari negara terdiri dari Kapur melalui sedimen Tersier berasal dari erosi dari Pegunungan Rocky terangkat ke barat. Sudut timur laut negara menjadi sasaran glaciation di Pleistosen dan ditutupi oleh arus glasial dan loess.

Barat dua pertiga negara, berbaring di tengah dataran besar dari Amerika Serikat, memiliki permukaan umumnya datar atau bergelombang, sedangkan ketiga Timur memiliki banyak bukit dan hutan. Tanah secara bertahap naik dari timur ke barat, ketinggiannya berkisar dari 684 ft (208 m) di sepanjang Sungai Verdigris di Coffeyville di Montgomery County, sampai 4,039 ft (1.231 m) di Gunung Sunflower, satu setengah mil dari perbatasan Colorado, di Wallace County. Ini adalah kepercayaan umum bahwa Kansas adalah negara flattest di negara ini, diperkuat oleh sebuah studi terkenal 2003 menyatakan bahwa Kansas memang "datar dari panekuk". ini telah dilakukan sejak dipertanyakan, dengan kebanyakan ilmuwan peringkat Kansas suatu tempat antara negara flattest 20 dan 30, tergantung pada metode pengukuran. Ketinggian rata-rata adalah 2.000 meter, lebih tinggi dari 36 negara.

Sungai Missouri membentuk hampir 75 mil (121 km) timur laut dari batas negara. Sungai Kansas (lokal dikenal sebagai Kaw tersebut), yang dibentuk oleh persimpangan Bukit Smoky dan sungai di Republik Junction City tepat-nama, bergabung dengan Missouri di Kansas City, setelah program 170 mil (270 km) di bagian timur laut negara. Sungai Arkansas (pengucapan bervariasi), naik di Colorado, mengalir dengan kursus membungkuk selama hampir 500 mil (800 km) di bagian barat dan selatan negara. Membentuk, dengan anak-anak sungainya (Arkansas Little Ninnescah, Walnut, Sapi Creek, Cimarron, Verdigris, dan Neosho), sistem drainase selatan negara. Sungai penting lainnya adalah Sungai Saline dan Salomo, anak sungai dari Sungai Bukit Smoky, sedangkan Big Blue, Delaware, dan Wakarusa, yang mengalir ke Sungai Kansas, dan Marais des Cygnes, anak sungai dari Sungai Missouri. Spring River terletak antara Riverton (Fuglies), Kansas dan Baxter Springs, Kansas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar